Thursday, July 26, 2007

Damai

Damai

Tujuan Pelajaran :
- Mengajarkan kepada anak-anak bagaimana harus berdamai dan mengampuni sesamanya.
- Memberikan pemahaman bahwa didalam Kristus kita dapat mengampuni orang lain.


Firman Tuhan
Kej 50 : 1-21

Setiap anak-anak umumnya pasti sudah mengetahui akan cerita dari kisah Yusuf, Yusuf adalah seorang yang sangat dikasihi oleh ayahnya saking begitu dikasihinya membuat saudara-saudaranya begitu iri hati kepadanya. Niat iri itu makin timbul ketika Yusuf memiliki mimpi dimana setiap anggota keluarganya menyembah ia, keberadaan iri hati ini akhirnya berbuntut dengan dijualnya Yusuf oleh saudara-saudaranya ke Mesir. Wow, temen-temen seandainya kita menjadi Yusuf kira-kira apa yang ada dipikiran kita pertama kali ? Benci ? mau balas dendam ketika ada kesempatan ? Temen-temen itu adalah respon wajar manusia yang sudah jatuh dalam dosa, tapi yang diperbuat Yusuf justru terbalikan dari respon wajar itu. Ia justru mengampuni saudara-saudaranya sendiri yang secara jelas-jelas dahulu telah menjual dirinya kepada seorang Mesir.
Temen-temen apa makna cerita ini bagi kita ? makna cerita ini ialah maukah kita mengampuni orang yang sudah berbuat salah kepada kita ? Yesus sendiri mengajarkan dalam bagian doa bapa kami” ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. “
Cerita AplikasiMatius 5 : 44
Tetapi Aku berkata kepadamu : kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
Dani dan budi adalah sepasang teman dekat, kedekatan mereka membuat orang lain yang melihat mereka menyangka mereka berdua adalah saudara kembar. Tapi suatu saat terjadi sesuatu yang sangat tidak “mengenakan”, Dani secara tidak sengaja mempermalukan Budi dengan leluconnya yang tidak sengaja dibuatnya didepan teman-teman yang lain. Karena lelucon itu Budi berjanji tidak akan lagi mau untuk berteman dengan Dani, Dani pun turut tersinggung karena Budi tidak mengerti bahwa saat itu ia sedang dalam kondisi bercanda. Akhirnya perang dingin pun dimulai keduanya tidak saling menyapa, tidak saling berbicara dan saling menjelek-jelekan satu sama lain kepada teman-teman mereka yang lain. Melihat kericuhan itu mulailah seorang dari keduanya mundur dari gereja, orang tua mereka masing-masing pun sudah dipesankan untuk menyampaikan bahwa mereka masing-masing tidak ada dirumah jika salah satu dari mereka menelepon atau datang mencari kerumah mereka masing-masing. Waduh pokoknya hancur habiss deh. Sampai-sampai setiap orang yang melihatnya juga pusing, temen-temen gimana yahh jika kita dalam posisi seperti itu ? Wah, pasti pusing. Gimana sih perasaan mereka jika mereka bertemu satu sama lain, pastinya nih mereka tidak ada damai sejahtera, perasaan mereka pastinya pengen marah terus kalau melihat satu sama lain. Teman-teman kasian yah mereka, masih seumuran kita tapi muka mereka kalau lagi kesal bisa seperti muka-muka orang tua kita loh. Nah, temen-temen kembali kepada ayat yang sudah kita baca diatas tadi. Itu merupakan suatu ucapan Tuhan Yesus sendiri bahwa dia berpesan kepada kita untuk dapat mengasihi musuh kita, hah ? loh ? apa bisa ? Jawabannya, BISA !!! karena Tuhan memerintahkan kita untuk berdamai dengan musuh kita pasti Tuhan akan memberi kita kekuatan untuk kita dapat melakukan hal itu. Gimana caranya ? pertama adalah mengasihi musuh kita, terus kita harus mendoakan mereka. Coba kita inget-inget siapa musuh kita baik disekolah, digereja atau di rumah, mau nga kita mengasihi mereka ? Gimana caranya mengasihinya ? mulai menyapa mereka, mengingat hari ultah mereka dan memberi mereka selamat jika mereka mendapat suatu keberhasilan, menolong mereka saat mereka susah, dan hal lainnya. Juga kita jangan lupakan satu hal terus doakan mereka dalam doa kita setiap hari. Inget ya….

4 comments:

Anonymous said...

Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira. Se você quiser linkar meu blog no seu eu ficaria agradecido, até mais e sucesso.(If you speak English can see the version in English of the Camiseta Personalizada.If he will be possible add my blog in your blogroll I thankful, bye friend).

Anonymous said...

Thanks Biby, i'm happy to hear your comment. i'll be waiting for you.
Jesus Bless You.

Anonymous said...

Shalom,

Blog kamu Bagus & inspiratif buat saya pribadi. Smoga buat pengunjung yg lain jg. Tetaplah menulis...

JBU.

PS: Mengundangmu jalan-jalan ke blog saya:

http://islamexpose.blogspot.com

Anonymous said...

Ur Story is .¸<3 ° ° ╮¸╭ ° ° <3¸
(<3 Ǥööϑ. <3)