Thursday, June 28, 2007

Kejujuran VS Kebohongan

KEJUJURAN VS KEBOHONGAN

Tujuan Pelajaran
- Anak-anak dapat memahami kebohongan sebagai dosa
- Anak-anak dapat berkomitmen berkata jujur dalam segala kondisi.

Firman Tuhan

Cerita AlkitabKisah Para Rasul 5:1-11Dalam permulaan gereja mula-mula, ketika setiap orang masa kini begitu memuji akan semangat gereja mula-mula. Ada sebuah kegagalan yang jelas ditunjukkan oleh Alkitab yakni ada sebuah kebohongan yang dilakukan oleh sepasang suami istri Ananias dan Safira. Keduanya mencoba menjual tanah mereka sebagaimana beberapa jemaat yang lain, keduanya memiliki perbuatan yang baik yakni memberikan hasil penjualannya kepada Rasul-Rasul, namun sayang niat baik mereka disertai dengan motivasi mereka yang salah. Yaitu mereka ingin menipu Roh Kudus, walau kita tidak bisa tahu lebih terinci motivasi mereka dalam menipu Allah. Namun, hukuman Allah jelas langsung ditujukan kepada mereka. Temen-temen sebenarnya Allah sayang kepada kita, Dia akan sedih melihat kita melakukan dosa, dan untuk mengingatkan kita terhadap dosa kita. Mungkin Allah akan mengijinkan masalah muncul dalam hidup kita sebagai kehendak Tuhan untuk pendisplinan hidup kita. Temen-temen mari kita ambil waktu untuk dapat merenungkan cerita ini, mungkin kita seperti Ananias dan Safira yang mencoba untuk menipu Roh Kudus dalam hal-hal sederhana seperti malas kegereja kita berbohong sakit, kita malas saat teduh kita berbohong bilang kita saat teduh. Temen-temen Tuhan tidak suka loh, sekarang kita pilih deh mau menyenangkan hati Tuhan atau membuat Tuhan sedih

Ayat Hafalan
Mat 5:37 ” Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.

Cerita Aplikasi
”Aduh Andi, tolong aku dong. Bilang sama mamaku kalau aku main ke rumahmu sampai malam. Pleeaassse...masa gitu aja kamu ngak mau nolong aku?“, pinta Mike dengan wajah memelas. ”Iya Mike, aku mau nolong kamu. Tapi kamukan bukan kerumahku dan kamu malah ke Warnet untuk main gameonline. Padahal mamamu sudah melarangkan? Dan...“. ”aduh kamu masa sih ngak mau nolong teman. Ngak susah kok Cuma telp mamaku bilang aku main dirumahmu. Gitu doang“, potong Andi sambil memaksa. ”Aku mau nolong teman tapi...apakah aku mesti bohong dengan mamamu?“. ”Alah..bilang aja kamu ngak mau nolong teman. Awas yah, aku musuhin. Jangan sok alim deh. Kayak pendeta aja lu. Gini aja lu mau tolong aku dan kita tetap temanan atau lu ngak mau tolong aku dan kita musuhan. Ingat lho aku temanmu yang paling banyak suka traktir makan kamu, bantuin kamu buat PR“.
Waduh...Andi bingung banget. Apa yang harus Andi lakukan yah? Berbohong? Katanya sih untuk bantu teman itu? ATAU jujur kalau ditelpon mama Mike bilang Mike ke tempat Warnet? Tapi resiko dimusuhi Mike dan ngak nikmati fasilitas dari Mike. Gimana yah? Jujur Atau Bohong.
Teman, kalau kamu seandainya jadi Andi, apa yang kamu lakukan?
Jawab..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tekad apa yang akan kamu ambil kalau kamu diposisikan jadi Andi? Apakah tetap berteman dengan Mike atau Musuhan sama Mike? Karena pasti Mike ngak mau dekatan lagi sama kamu.
Jawab..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Doa
Tuhan yang baik, berikan pada (sebutkan namamu)...................keberanian untuk berkata benar. Apapun resikonya dan kuatkan hatiku agar aku bisa menjadi terangMu dan dipercaya oleh orang lain. Tuhan, bantulah aku.

Yel-Yel
Sekali ya, tetap YA


Pertanyaan Pemacu Kom-Sel Anak- Bagaimana kesan anak-anak dalam pelajaran berbohong vs kejujuran ?
- Hal-hal apa saja yang pernah mereka lakukan dahulu yang kemudian mereka sesali sehubungan dengan pelajaran berbohong ?

No comments: